BERITA TERBARU
 ITN Malang Perkuat Postur Dosen, Targetkan Serap Rp 15 Miliar

Keberhasilan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dalam bidang penelitian dari Kluster Binaan naik ke Utama mengakibatkan potensi yang dimiliki ITN Malang dalam menyerap dana meningkat. Hal ini membutuhkan postur dosen baik kepangkatan dan tingkat pendidikan juga semakin ditingkatkan. “Dana penelitian untuk Kluster Utama sampai dengan Rp 15 Miliar, sedangkan dahulu di Klaster Binaan hanya Rp 2 Miliar. Potensi inilah yang harus bisa kita serap,” terang Fourry Handoko, ST, SS, MT, Ph.D ketua LPPM saat memberikan sosialisasi program hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pengelolaan jurnal OJS, dan unggah RPS, di auditorium Kampus I ITN Malang, Senin (16/01).

Fourry mengungkapkan, tahun ini persyaratan semakin mudah. Kalau dulu peneliti sibuk mengurus laporan pertanggung jawaban, sekarang yang dinilai adalah produk keluarannya. Keluaran ini bisa berbentuk jurnal nasional, jurnal internasional, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HKI), dan Hak Cipta. Untuk itulah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) siap mendorong dosen untuk menghasilkan keluaran-keluaran tersebut. “Kita akan mempermudah dosen menghasilkan keluaran dengan melakukan pendampingan. Kita juga akan memberikan pelatihan dan pendampingan sampai mereka bisa menulis jurnal,” paparnya, sembari menegaskan bahwa LPPM tidak akan memberikan dana bila tidak ada keluaran yang dihasilkan.

Kinerja penelitian terbaik selama kurun waktu beberapa tahun terakhir ditorehkan ITN Malang dengan tercatatnya 18 jurnal internasional terindeks Scopus di tahun 2016. Kenaikan ini sangat fantastis menginggat di tahun 2015 hanya 6 jurnal internasional yang terindeks Scopus.

Keluaran-keluaran tersebut nantinya akan membantu kenaikan pangkat bagi para dosen, sehingga target ITN Malang di tahun 2019/2020 naik ke Kluster Mandiri bisa tercapai. Ini tidak menutup kemungkinan melihat ITN Malang sekarang peringkat nomor empat kategori institut se-Indonesia setelah ITB, ITS, dan IPB. Sedangkan di Malang urutan ke tiga setelah UB dan UM pada kategori universitas.



Profil LPPM ITN Malang

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada dasarnya adalah perwujudan dharma kedua dan ketiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada dasarnya program serta pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat akan mencerminkan mutu akademik suatu Perguruan Tinggi dalam menjalankan misinya memajukan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.   Selanjutnya..

Kontak LP2M