PROFIL LP2M INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada dasarnya adalah perwujudan dharma kedua dan ketiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada dasarnya program serta pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat akan mencerminkan mutu akademik suatu Perguruan Tinggi dalam menjalankan misinya memajukan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Cerminan mutu akademik tersebut hanya akan terlihat melalui norma-norma diseminasi akademik, baik itu berupa tulisan dalam Jurnal ataupun buku maupun makalah-makalah yang dipresentasikan pada seminar lokal, regional, maupun internasional. Hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang tidak didiseminasikan secara luas hanya tinggal menjadi butir intan yang terpendam, sehingga tidak dapat dinilai harganya, atau sampah yang mengganggu institusi sebagai rumah akademis.
Untuk melaksanakan misi dan fungsi Perguruan Tinggi di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat seperti dimaksud diatas, kelompok staf akademik perlu meningkatkan kualitas diri sebagai pelaku aktif kegiatan penelitian dan pengabdian (keilmuan) pada masyarakat sesuai dengan kewajibannya dalam memenuhi jabatan fungsional akademik.
Tujuan:
Program pengabdian pada masyarakat yang diselenggarakan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITN Malang berorientasi pada pemecahan masyalah IPTEKs yang berkaitan dengan bidang keteknologian Sipil dan Perencanaan, Teknologi Industri, dan penciptaan teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara, pengembangan wilayah, dan penyempurnaan institusi ITN Malang. Secara umu penelitian dan pengabdian masyarakat bertujuan:
Menghasilkan tenaga akademis pengajar yang memiliki kualitas keakademikan yang tinggi dengan tanggung jawab sosial kemasyarakatan yang besar berupa sumbangan yang nyata terhadap kemaslahatan masyarakat.
Sasaran:
Tujuan tersebut secara rinci dapat dijabarkan dalam sasaran-sasaransebagai berikut:

  • Mengkaji dan mengembangkan bidang ilmu pengetahuan teknologi dan seni yang bermanfaat bagi pembangunan, serta mempublikasikan hasil kajian dan pengembangan tersebut secara luas, sehingga secara nyata memberikan manfaat bagi perkembangan IPTEKs nasional dan internasional.
  • Mengkaji dan menyempurnakan sistem pendidikan dan pengembangan institusi ITN Malang.
  • Mengkaji permasalahan IPTEKs yang relevan bagi kebutuhan masyarakat untuk menunjang konsep pengembangan manusia, bangsa dan negara.
  • Menyiapkan calon peneliti dan meningkatkan kemampuan serta ketrampilan tenaga peneliti ITN Malang.
  • Menyumbangkan kemampuan IPTEKs bagi kemaslahatan masyarakat melalui kegiatan nyata di masyarakat yang disebut kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Ketua LPPM: Fourry Handoko ST., SS., MT., PhD.